Berita Karir

UBSI Kampus Pontianak Bekali Mahasiswa Untuk Terjun Kedunia Kerja

Terbit : 2018-11-28 | Dibaca : 155 kali

Pontianak, BSI Career Center (BCC) Pontianak sukses menggelar Seminar Karir di Aula Universitas Bina Sarana Informatika (UBSI) Kampus Pontianak, Jalan Abdurrahman Saleh No.18, Senin (19/11/2018).

Seminar yang bertema Tentukan Posisi Tepat Dalam Peluang Karir Masa Depan Anda ini diikuti oleh 86 peserta terdiri dari mahasiswa mahasiswi UBSI Kampus Pontianak.

Tujuan kegiatan seminar sebagai media mahasiswa/alumni BSI untuk terjun ke dalam dunia kerja setelah serta memberikan sarana tambahan ilmu untuk mahasiswa/alumni UBSI mengenai dunia kerja serta kiat sukses meraih karir yang cemerlang.

Koordinator BCC Pontianak, Reza Maulana, M.Kom mengatakan BCC dalam hal ini bekerja sama dengan perusahaan untuk mendatangkan praktisi atau narasumber yang ahli dibidangnya, seperti Direktur/Pimpinan atau Manager HRD.

“Kegiatan ini ditujukan untuk melatih dan mempersiapkan mahasiswa/alumni UBSI untuk siap terjun ke dunia kerja,” papar Reza. 

Pada seminar kali ini, dihadirkan pemateri yakni HCBP Manager Regional 9 PT. BFI Finance Indonesia, Muhammad Akbar Syuhada dan ia juga sebagai Wakil Ketua HR Community Kalimantan Barat dari 2017 hingga sekarang.

Akbar mengajak peserta untuk memilih pekerjaan berdasarkan kepribadian dan menjelaskan empat tipe kepribadian diantaranya dominance, compliance, influence, dan steadiness.

Masing-masing dari tipe kepribadian tersebut erat kaitannya dalam menentukan jenis pekerjaan, contohnya seperti tipe dominant biasanya cenderung mendapatkan posisi sebagai direktur, owner, manager yang sifatnya leader.

Peserta juga dibekali dengan pengetahuan berbagai tentang persiapan memasuki dunia kerja, mulai dari persiapan fisik, administrasi, dan mental. 

Serta dipaparkan membuat surat lamaran yang menarik, tips & trik menjawab psikotest, job interview tips, dan tips-tips membuat resume yang lebih baik.

Pimpinan UBSI Kampus Pontianak, Dedi Saputra, S.Pd, M.Kom mengungkapkan UBSI sebagai jembatan bagi para mahasiswa ke perusahaan-perusahaan yang sudah MoU dengan UBSI, dan mempersiapkan lulusan yang siap pakai dengan skill yang dimiliki oleh masing-masing individu.

"Harapannya adalah para lulusan UBSI nantinya sudah mendapatkan bekal dan mempunyai kemampuan untuk menghadapi dunia kerja yang sebenarnya," ujar Dedi. (*)


 

Kegiatan