Berita Karir

UBSI Mempersiapkan Pemagangan di Industri Untuk Para Mahasiswa Kerjasama Dengan GNIK

Terbit : 2021-05-03 | Dibaca : 27 kali

Sabtu, 1 Mei 2021 Pukul 10:00 WIB melalui aplikasi Zoom Metting BSI Career Center bekerja sama dengan GNIK (Gerakan Nasional Indonesia Kompeten) mengadakan Webinar persiapan mahasiswa UBSI dalam Magang pada periode Agustus 2021 mendatang. GNIK merupakan Platform terbuka Nasional yang bertujuan untuk merangkul semua pemangku kepentingan terkait dalam pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM) Indonesia untuk berkolaborasi dan bekerjasama untuk meningkatkan Kapabilitas SDM dan mendorong Daya Saing Nasional.

Yunus Triyonggo selaku Ketua Yayasan GNIK menyampaikan acara ini dilakukan sebagai persiapan dari Program Pengembangan Talenta Masa Depan yang merupakan wujud Kerjasama dengan Kemendikbud RI dalam memfasilitasi pemagangan Mahasiswa di Industri yaitu Program Kampus Merdeka-Merdeka Belajar.

“GNIK terus melebarkan jaringannya ke seluruh wilayah Indonesia dari Aceh sampai Merauke dengan menggandeng Kampus, Pemerintah, Non Pemerintah dan Praktisi untuk menyiapkan talenta Indonesia berbasis kompetensi. Karena pada dasarnya kemampuan untuk terus belajar tidak boleh berhenti karena dunia Industri terus mengalami perkembangan dan kita harus siap dengan segala perubahan”, paparnya.

Yunus menambahkan bahwa penerapan mixing strategi dalam hal ini adanya belajar di Kampus dan di Industri diperlukan oleh mahasiswa sebelum terjun ke Industri. Hal ini  menjadi moment untuk belajar  beradaptasi dengan cepat di lingkungan pekerjaan serta bagaimana menghadapi orang yang beragam serta karakter yang berbeda.

GNIK menggandeng 33 perusahaan yang siap menjadi mitra magang Kampus Merdeka. Periode pemagangan yang dimulai dari Juli akhir sampai dengan Desember 2021.

Mekanisme program pemagangan Kampus Merdeka kerja sama GNIK dan Kemendikbud RI melewati  beberapa proses. Dimulai di awal Juni 2021 dengan pengumpulan berkas Pemagangan Mahasiswa melalui website GNIK https://gnik.org/. Selanjutnya dilakukan seleksi Pemagangan Mahasiswa magang dan akan diperoleh hasil seleksi Pemagangan di awal Juli 2021, berikutnya dilakukan wawancara user dengan mitra magang. Akhir Juli 2021 dilakukan penetapan Mahasiswa Program Magang dan diberikan pelatihan soft skill dunia kerja. Di awal Agustus 2021 dilaksanakan program pemagangan Kampus Merdeka.

Menurut Yunus selain Program Pemagangan di Industri Kampus Merdeka ada program Studi Independen Bersertifikat berkolaborasi dengan UMKM. Disini HR Director akan sharing materi basic soft skill dan technical skill manajemen secara online kepada mahasiswa.

“Tujuannya Mahasiswa  mampu untuk belajar, membantu serta memberikan kontribusi pada sistem HRD di UMKM yang mereka bina”, pungkasnya.

Rahmat Suryadithia selaku Ketua BSI Career Center mendukung dan berapresiasi  pada program-program GNIK. Semoga Mahasiswa UBSI mendapatkan kesempatan untuk mengikuti program pemagangan di Industri Kampus Merdeka mendatang.(BCC)

Kegiatan