Berita Karir

Universitas Bina Sarana Informatika menggelar Pembekalan Program Magang Mahasiswa Batch 1 Tahun 2020

Terbit : 2020-01-22 | Dibaca : 9 kali

Jakarta, Salah satu upaya menilai tingkat keberhasilan perguruan tinggi dalam mengelola sumber daya manusia terutama mahasiswa dibuktikan dengan jumlah peserta didik yang diterima untuk latihan bekerja (magang) di dunia usaha. Mencermati hal tersebut, Universitas Bina Sarana Informatika (UBSI) bekerjasama Forum Human Capital Indonesia (FHCI) mengadakan Program Magang Mahasiswa Bersertifikat (PMMB) yang bertujuan memberikan kesempatan bagi mahasiswa UBSI yang berprestasi untuk magang kerja di berbagai perusahaan BUMN ternama, diantaranya Perum Jasa Tirta II, Perum Produksi Film Negara , PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk, PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk,  PT Bank Tabungan Negara (Pesero) Tbk, PT Pertamina (Persero), PT Perusahaan Gas Negara (Persero) Tbk, PT Perusahaan Pengelola Aset (Persero) dan PT Rajawali Nusantara Indonesia (Persero). Untuk Batch 1 2020 ini terpilih 13 orang mahasiswa UBSI dari program studi sistem informasi, sistem informasi akuntansi, administrasi bisnis, hubungan masyarakat, dan teknik komputer, mengikuti PMMB yang tersebar di perusahaan BUMN tersebut. Menurut Rachmat Suryadhitia, M.Kom  selaku ketua BSI Career Center (BCC), PMMB ini sebagai upaya nyata dalam mewujudkan link and match antara dunia industri (DUDI) dengan dunia pendidikan kususnya di UBSI. “Kita harapkan terwujud link and match antara dunia kampus dan dunia usaha sebagai sarana menyalurkan mahasiswa kita”, ujar Rachmat.

Sebelum mahasiswa memulai kegiatan PMMB, UBSI mengadakan kegiatan pembekalan kepada mahasiswa pada Rabu (22/01/2020) di kampus UBSI Dewi Sartika yang difasilitasi oleh  BCC. Menurut  Rachmat Suryadhitia kegiatan pembekalan bertujuan untuk mempersiapkan mahasiswa–mahasiswa UBSI baik secara kemampuan akademis maupun softskill saat magang kerja. “Sebelum mahasiswa kita kirim perlu kita bekali dulu dengan berbagai pengetahuan agar mereka mampu beradaptasi di tempat kerja dan bisa berhasil dengan baik”, ujar Rachmat. Kegiatan pembekalan ini diisi dengan penyampaian materi dari beberapa narasumber antara lain Suharyanto, M.Kom Wakil Rektor Bidang Non Akademik UBSI dan Aan Rahman, M.Pd praktisi Human Capital.  Pada arahannya Suharyanto mengatakan pentingnya prestasi mahasiswa baik dalam bidang akademik maupun non akademik, tak terkecuali prestasi di dunia usaha atau industri. Juga ditekankan tentang menjaga sikap, prilaku dan nama bail almamater UBSI selama mengikuti PMMB.

Materi dilanjutkan dengan menampilkan Aan Rahman, M.Pd yang lebih fokus pada bagaimana memotivasi mahasiswa dan menjelaskan keahlian softskill yang wajib dimiliki oleh mahasiswa selama melaksanakan magang di perusahaan BUMN. Kegiatan pembekalan diakhiri dengan pengumpulan berkas-berkas peserta dan sesi foto bersama. Semoga dengan kegiatan pembekalan ini dapat membantu dalam kesiapan mahasiswa/i UBSI agar lebih siap baik dalam hard skill dan juga softskill. Tercatat UBSI telah bekerjasama dengan 164 BUMN dalam melaksanakan program magang bagi mahasiswanya.

Kegiatan