Berita Karir

Pertanyaan Saat Interview Kerja

Tgl Publikasi: : 05-07-2023 | Dibaca : 472 kali

Saat wawancara kerja, berbagai jenis pertanyaan dapat diajukan oleh pewawancara. Berikut adalah beberapa standar pertanyaan yang umum muncul dalam wawancara kerja:

  1. Ceritakan tentang diri Anda: Pewawancara ingin mendapatkan gambaran umum tentang latar belakang, pengalaman, dan kualifikasi Anda. Pertanyaan ini memberikan kesempatan bagi Anda untuk menjelaskan profil pribadi dan profesional Anda.

  2. Mengapa Anda tertarik dengan posisi ini atau perusahaan ini? Pertanyaan ini menguji motivasi dan minat Anda terhadap posisi dan perusahaan yang Anda lamar. Persiapkan jawaban yang menghubungkan minat dan nilai-nilai Anda dengan kebutuhan perusahaan.

  3. Apa kelebihan dan kelemahan Anda? Pewawancara ingin mengetahui pemahaman Anda tentang diri sendiri. Berikan kelebihan yang relevan dengan posisi yang Anda lamar, dan sertakan juga langkah-langkah yang Anda ambil untuk mengatasi atau memperbaiki kelemahan Anda.

  4. Bagaimana Anda menghadapi tantangan atau konflik di tempat kerja? Pertanyaan ini menguji keterampilan Anda dalam mengatasi situasi sulit. Berikan contoh konkret tentang bagaimana Anda menyelesaikan konflik atau menghadapi tantangan dalam pekerjaan sebelumnya.

  5. Ceritakan tentang pengalaman kerja Anda yang paling signifikan/relevan. Pewawancara ingin melihat bagaimana Anda menghubungkan pengalaman sebelumnya dengan posisi yang Anda lamar. Jelaskan proyek atau pencapaian kunci yang menunjukkan kualitas dan keterampilan yang dibutuhkan untuk pekerjaan tersebut.

  6. Bagaimana Anda bekerja dalam tim? Pertanyaan ini mengevaluasi kemampuan Anda dalam bekerja sama dengan orang lain. Berikan contoh kolaborasi yang sukses dan bagaimana Anda berkontribusi pada pencapaian tim.

  7. Bagaimana Anda menghadapi situasi tekanan atau deadline yang ketat? Pewawancara ingin mengetahui bagaimana Anda menangani tekanan dalam lingkungan kerja. Ceritakan pengalaman di mana Anda berhasil mengelola waktu dan stres dengan baik dalam situasi yang menantang.

  8. Apa visi atau tujuan karier Anda di masa depan? Pertanyaan ini menunjukkan apakah Anda memiliki pandangan jangka panjang dan motivasi dalam karier Anda. Bicarakan rencana atau aspirasi Anda yang relevan dengan perkembangan di bidang yang Anda lamar.

  9. Apakah Anda memiliki pertanyaan untuk kami? Pewawancara biasanya memberikan kesempatan bagi Anda untuk mengajukan pertanyaan. Gunakan kesempatan ini untuk memperoleh informasi lebih lanjut tentang perusahaan, budaya kerja, tanggung jawab pekerjaan, atau perkembangan karier.

Perlu diingat bahwa pertanyaan dalam wawancara kerja dapat bervariasi tergantung pada perusahaan dan posisi yang Anda lamar. Penting untuk melakukan riset tentang perusahaan dan mempersiapkan jawaban yang relevan dan terkait dengan posisi yang Anda inginkan.

Kegiatan